Categories

Get my latest adventure story

Insights empowers your business to grow, by giving your team valuable intelligence to enable you to generate more sales, and drive revenue.

Job enrichment, Sumber: ruangguru.com

Job Enrichment sebagai Upaya Pengembangan Karyawan, Efektifkah?

Bagi manajemen perusahaan, pengembangan karyawan menjadi hal yang begitu krusial untuk dilakukan. Pasalnya, dengan kemampuan karyawan yang senantiasa berkembang, maka perusahaan pun nantinya akan semakin kuat. Nah, di antara cara pengembangan karyawan tersebut, job enrichment adalah salah satunya.

Tidak hanya meningkatkan skill karyawan untuk meningkatkan efisiensi kerja, job enrichment atau pengayaan pekerjaan juga berperan penting untuk meningkatkan kepuasan karyawan. Tentu saja, hal ini sangat baik karena akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih kondusif dan nyaman.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan job enrichment tersebut dan bagaimana strategi yang bisa diaplikasikan dalam penerapannya? 

Sekilas Tentang Job Enrichment

Apa itu job enrichment, Sumber: hrkatha.com
Apa itu job enrichment, Sumber: hrkatha.com

Dalam pengertian singkat, job enrichment atau pengayaan pekerjaan merupakan metode penambahan wewenang karyawan atas pekerjaan mereka. Hal ini termasuk aspek perencanaan, kemampuan memutuskan hingga melakukan evaluasi dari pekerjaan yang ia lakukan. 

Meskipun seolah tidak menguntungkan karyawan, namun pengayaan pekerjaan ini menjadi langkah efektif bagi karyawan untuk mempelajari hal dan keterampilan baru. Dampaknya adalah kemampuan mereka akan berkembang dan mereka pun nantinya akan memiliki skill baru yang bisa jadi sebelumnya tidak pernah ia bayangkan. 

Dari sudut pandang perusahaan, job enrichment adalah langkah manajemen yang strategis. Bukan hanya sebagai pelatihan pengembangan diri bagi karyawan, metode ini akan meningkatkan efisiensi karyawan. Artinya, dengan karyawan yang tidak berlebih, perusahaan mampu melakukan produksi dengan optimal. 

Manfaat Job Enrichment bagi Perusahaan

Manfaat job enrichment bagi perusahaan, Sumber: younited.de
Manfaat job enrichment bagi perusahaan, Sumber: younited.de

Sebagaimana disinggung sebelumnya, bagi karyawan, job enrichment merupakan langkah yang akan memberikan banyak manfaat. Misalnya saja, dengan pengayaan pekerjaan yang dilakukan, karyawan akan mendapatkan skill baru dan nantinya ia akan memiliki lebih banyak peluang karir.

Di sisi lain pengayaan pekerjaan pada karyawan juga berdampak positif bagi perusahaan. Beberapa manfaat job enrichment ini bagi perusahaan di antaranya:

1. Kesuksesan Bisnis Jangka Panjang

Manfaat pertama yang akan didapatkan perusahaan ketika mereka menerapkan job enrichment adalah kepuasan bisnis jangka panjang. Ya, dengan mengaplikasikan langkah manajemen karyawan ini, perusahaan sebenarnya sudah melakukan investasi jangka panjang.

Hal tersebut tentu saja bukanlah sebuah klaim semata. Pasalnya, program intensif yang dilakukan dalam job enrichment, misalnya, akan mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan karyawan. Dengan kemampuan karyawan yang terus berkembang, perusahaan tentu akan semakin kuat dan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.

2. Karyawan dengan Pengetahuan Up to Date

Manfaat lain yang akan didapatkan oleh perusahaan ketika menerapkan job enrichment adalah mereka akan memiliki karyawan dengan pengetahuan terkini atau up to date. Berawal dari program pengayaan pekerjaan yang dilakukan, perusahaan bisa mengenalkan kondisi terkini perusahaan dan bisnis kepada para karyawan.

Pengetahuan terkait bisnis terkini tentu saja sangat penting bagi perusahaan. Bukan hanya agar mereka mengetahui kondisi perusahaan dan persaingan bisnis yang ada, pengetahuan terkini akan memudahkan karyawan untuk menemukan cara paling efisien dan efektif untuk meningkatkan daya saing perusahaan dan memenangkan persaingan.

3. Loyalitas Karyawan yang Lebih Tinggi

Penerapan pengayaan pekerjaan yang dilakukan perusahaan juga bisa meningkatkan loyalitas karyawan di kantor. Tentu saja, ini adalah kabar yang cukup menggembirakan. Pasalnya, saat ini, dikarenakan alasan mental health, karyawan yang resign menjadi hal yang biasa. Padahal, kondisi tersebut bisa saja berpengaruh pada mekanisme perusahaan.

Nah, pelaksanaan job enrichment bisa membantu karyawan mendapatkan pencapaian yang lebih banyak, memiliki karir yang lebih bagus atau hal lainnya termasuk kemampuan tanggung jawab yang meningkat. Hal semacam ini tentu akan membuat karyawan merasa puas dan akhirnya loyalitas mereka pada perusahaan pun akan meningkat.

Dengan beberapa manfaat di atas, bisa dikatakan bahwa job enrichment adalah langkah manajemen yang tepat untuk diterapkan. Hanya saja, tentu, perusahaan harus memiliki strategi penerapan pengayaan pekerjaan yang tepat agar hasil yang didapatkan pun lebih maksimal. 

Strategi Job Enrichment yang Bisa Diterapkan

Strategi untuk menerapkan job enrichment, Sumber: twproject.com
Strategi untuk menerapkan job enrichment, Sumber: twproject.com

Berbincang tentang penerapan job enrichment pada karyawan untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan, ada beberapa strategi yang bisa dijadikan pertimbangan. Adapun beberapa strategi pengayaan pekerjaan yang cukup efektif dan berdampak di antaranya:

1. Melakukan Rotasi Pekerjaan

Penerapan pengayaan pekerjaan bisa dilakukan dengan melakukan rotasi pekerjaan. Ini adalah langkah yang cukup sederhana tetapi mampu memberikan dampak yang besar, terutama untuk meningkatkan kemampuan karyawan.

Terkait hal ini, manajemen perusahaan bisa merotasi karyawan dari satu divisi ke divisi lainnya. Rotasi ini nantinya akan menempatkan karyawan pada hal-hal baru yang secara umum mereka tidak familiar.

Nah, saat karyawan berada di divisi yang berbeda, mereka bisa mengembangkan keterampilan mereka. Bukan hanya memiliki keterampilan baru, karyawan pun akan mendapatkan tantangan baru yang berbeda sehingga mereka tidak merasa bosan dengan pekerjaan, tetapi justru tertantang.

2. Menggabungkan Pekerjaan

Strategi penerapan job enrichment lain yang juga bisa diterapkan adalah dengan menggabungkan pekerjaan. Memang, sekilas, strategi ini akan membuat karyawan memiliki beban kerja yang lebih berat. Namun, di sisi lain karyawan pun akan mendapatkan tantangan baru yang menguji kemampuan mereka.

Tidak hanya itu, penggabungan tugas pekerjaan yang dilakukan juga bisa meningkatkan identitas pekerjaan. Nantinya, hal ini berdampak tanggung jawab pekerjaan karyawan yang lebih penting. Kondisi ini, secara tidak langsung, membuat karyawan merasa mendapatkan apresiasi dan memiliki posisi yang lebih penting. 

3. Membangun Tim Berbasis Proyek

Membangun tim berbasis proyek juga bisa dijadikan strategi penerapan job enrichment yang cukup tepat. Pasalnya, dengan strategi ini, perusahaan nantinya bisa mengumpulkan karyawan dengan latar belakang serta kemampuan yang berbeda dalam satu tim yang sama.

Misalnya saja, perusahaan membentuk tim baru untuk menjalankan suatu proyek tertentu. Di dalam tim tersebut bisa terdiri karyawan seperti desainer, storyteller, copywriter dan lainnya. 

Nah, dengan cara ini, perusahaan akan mampu memacu karyawan untuk memacu kemampuan mereka untuk menyelesaikan proyek sebaik mungkin. Bahkan, bisa saja, mereka pun akan melakukan kolaborasi yang secara tidak langsung meningkatkan kemampuan mereka. 

Setidaknya, beberapa strategi di atas bisa menjadi acuan penerapan pengayaan pekerjaan sebagai bagian dari manajemen perusahaan. Tentu, selain beberapa strategi di atas, masih ada banyak strategi lainnya termasuk membangun tim yang lebih mandiri ataupun juga memberikan kewenangan membuat keputusan pada karyawan tertentu. 

Catalitics, Solusi Manajemen Karyawan Lebih Profesional!

Jasa HR Strategi Konsultan Catalitics, Sumber: catalitics.com
Jasa HR Strategi Konsultan Catalitics, Sumber: catalitics.com

Penerapan job enrichment memang menjadi langkah yang tepat untuk membangun iklim perusahaan yang lebih sehat dan berorientasi pada peningkatan kinerja. Hanya saja, konsistensi menjadi tantangan tersendiri. Oleh karenanya, diperlukan tim khusus untuk memberikan pengarahan serta melakukan pemantauan.

Nah, berbincang tentang manajemen perusahaan, Catalitics menyediakan layanan manajerial yang bisa diandalkan. Bukan hanya menerapkan job enrichment sebagai strategi pengembangan karyawan, kami pun siap melakukan pemantauan untuk mengecek perkembangan karyawan.

Sebagai HR consulting terpercaya, kami memiliki tim profesional yang sudah berpengalaman. Hanya tinggal berkonsultasi tentang kondisi perusahaan dan apa yang ingin Anda capai, kami akan mempersiapkan program khusus yang sesuai kondisi lapangan untuk dijalankan. Tertarik? Segera hubungi CS Catalitics dan dapatkan penawarannya!

Other Insight For You

Objective Key Results, Sumber: hrd-forum.com

Fungsi OKR, Kenapa Penting dalam Manajemen Perusahaan?

Dalam upaya menjaga dan mengembangkan manajemen perusahaan ke arah yang lebih baik, mengetahui apa fungsi OKR menjadi hal yang cukup krusial. Sebagaimana diketahui bersama, OKR atau Objective and Key Result merupakan salah satu tolak ukur yang digunakan perusahaan guna mengetahui efektivitas kinerja karyawan.

⟶   Read More

Let’s chat!

Not sure where to start?

Want to find out how we can your organization? Fill in a few details and we’ll get in touch as soon as possible.

Ilvan Yahdi

Partner

Catalitics is committed to protecting and respecting your privacy, and we’ll only use your personal information to administer your account and to provide the products and services you requested from us.