Categories

Get my latest adventure story

Insights empowers your business to grow, by giving your team valuable intelligence to enable you to generate more sales, and drive revenue.

Pelatihan pengembangan diri karyawan, Sumber: licdn.com

Pelatihan Pengembangan Diri bagi Karyawan, Apa Manfaatnya?

Seiring perkembangan teknologi serta persaingan bisnis yang semakin ketat, diperlukan tenaga kerja yang profesional untuk memastikan perusahaan berjalan dengan stabil dan lancar. Pelatihan pengembangan diri menjadi salah satu hal paling tepat yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan serta skill karyawan.

Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada pengembangan kemampuan karyawan baru saja, melainkan juga karyawan lama yang sudah ada di perusahaan selama beberapa waktu. Tujuannya, selain meningkatkan efektivitas serta efisiensi kerja, pelatihan bisa membantu mereka mendapatkan jenjang karir yang lebih baik.

Kita akan membahas sekelumit tentang pelatihan pengembangan diri bagi karyawan dan manfaat yang bisa didapatkan. Simak ulasannya! 

Sekilas Tentang Pelatihan Pengembangan Diri Karyawan

Program pelatihan pengembangan diri karyawan, Sumber: actconsulting.co
Program pelatihan pengembangan diri karyawan, Sumber: actconsulting.co

Perlu disadari bahwa karyawan merupakan aset bagi perusahaan. Oleh karenanya, diperlukan adanya manajemen sumber daya yang memadai. Terlebih, fakta menunjukkan bahwa persaingan bisnis dari waktu ke waktu semakin ketat. 

Pelatihan pengembangan diri karyawan adalah opsi yang tepat untuk meningkatkan value perusahaan. Dilansir dalam laman Coursera, pelatihan karyawan merupakan instruksi atau aktivitas yang dilakukan dengan tujuan mengajarkan keterampilan baru pada karyawan atau meningkatkan keterampilan dan kinerja mereka saat ini.

Dari pengertian di atas, bisa disimpulkan bahwa pelatihan pengembangan diri karyawan berfokus pada pengembangan kualitas individu karyawan. Misalnya, peningkatan kedisiplinan karyawan, cara karyawan menghadapi tantangan pekerjaan dan lainnya. 

Kenapa Pelatihan Pengembangan Diri Karyawan Penting?

Pentingnya pelatihan pengembangan bagi karyawan, Sumber: stptax.com
Pentingnya pelatihan pengembangan bagi karyawan, Sumber: stptax.com

Sebagaimana disinggung sebelumnya, pelatihan pengembangan diri karyawan adalah opsi yang tepat untuk meningkatkan sumber daya perusahaan. Meskipun, mungkin, perusahaan perlu mengeluarkan atau mengatur anggaran khusus terkait masalah ini, namun mereka akan mendapatkan timbal balik investasi yang tidak sedikit.

Ada beberapa hal yang mendasari pentingnya pelatihan pengembangan diri karyawan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Pengetahuan dan Skill Karyawan

Ragam pelatihan pengembangan diri karyawan efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan karyawan. Dengan hal ini, karyawan nantinya bisa menyesuaikan diri dengan perubahan dan perkembangan yang ada di dalam perusahaan. 

Tentu saja, pengembangan diri karyawan cukup efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka. Dengan produktivitas yang semakin tinggi, efisiensi perusahaan akan lebih optimal dan target perusahaan pun akan lebih mudah tercapai.

2. Mempersiapkan Karyawan untuk Tanggung Jawab yang Lebih Tinggi

Program kerja pengembangan diri yang dijalankan perusahaan bisa menjadi langkah persiapan yang tepat, terutama untuk karyawan yang akan naik jabatan. Seperti diketahui, jabatan yang lebih tinggi mengharuskan adanya kemampuan dan tanggung jawab yang lebih tinggi pula. 

Dengan pelatihan yang dilakukan, para karyawan nantinya bisa melakukan improvement terkait skill yang mereka miliki. Tentu, ketika mendapatkan jabatan yang lebih tinggi nantinya mereka pun akan cenderung lebih siap dan bisa menjalankannya dengan optimal. 

3. Membentuk Lingkungan Kerja yang Lebih Kondusif

Lingkungan kerja yang kondusif adalah hal yang sangat krusial dalam sebuah perusahaan. Bukan hanya hubungan antar karyawan yang baik, lingkungan kerja yang kondusif sangat berpengaruh pada bagaimana produktivitas kerja akan terbentuk.

Pelatihan pengembangan diri karyawan yang dilakukan akan meningkatkan kesadaran karyawan akan pentingnya menciptakan lingkungan kerja yang lebih kondusif. Dengan kesadaran ini, alih-alih memelihara konflik di lingkungan kerja, karyawan justru akan saling bahu membahu satu dengan yang lainnya untuk meningkatkan kinerja. 

Selain beberapa poin di atas, masih ada banyak manfaat yang didapatkan dari program pengembangan diri karyawan yang dilakukan. Perlu diketahui bahwa pelatihan yang dilakukan juga bisa membuat karyawan sadar bahwa mereka berharga sehingga semangat untuk bekerja pun secara signifikan akan bertambah. 

Ragam Pelatihan Pengembangan Diri yang Bisa Dilakukan 

Ragam pelatihan, Sumber: toppr.com
Ragam pelatihan, Sumber: toppr.com

Dalam pelaksanaannya, program pengembangan karyawan ini dibagi menjadi beberapa jenis berbeda. Nantinya, HR bisa mempertimbangkan mana saja pelatihan yang hendak dijalankan disesuaikan dengan keperluan perusahaan.

Adapun beberapa opsi pelatihan pengembangan diri yang dimaksud diantaranya adalah:

1. Pelatihan Onboarding

Onboarding merupakan salah satu pelatihan yang cukup krusial, terutama bagi karyawan rekrutan baru. Umumnya, pelatihan ini dilakukan sejalan dengan masa orientasi yang diselesaikan sebelumnya. 

Dalam pelatihan ini, para karyawan akan diberikan berbagai penjelasan tentang aspek pekerjaan, keterampilan dasar yang diperlukan hingga kemampuan khusus yang diperlukan untuk menunjang produktivitas. Harapannya, dengan pelatihan ini, karyawan nantinya akan memiliki kesadaran kerja yang lebih baik. 

2. Pelatihan Soft Skill

Cukup banyak pakar bisnis yang mengatakan bahwa kualitas soft skill yang dimiliki karyawan menentukan bagaimana perusahaan akan berjalan. Artinya, bukan tidak mungkin perusahaan akan berkembang pesat dari waktu ke waktu jika memiliki banyak karyawan dengan level soft skill yang tinggi. 

Jenis program pengembangan diri karyawan ini cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan individu karyawan yang berhubungan dengan dunia kerja. Misalnya saja, karyawan nantinya akan memiliki kemampuan berkomunikasi yang lebih baik, bisa mengatur waktu lebih efisien, memiliki etika kerja yang baik dan hal penunjang lainnya. 

3. Pelatihan Change Management

Seiring persaingan bisnis yang semakin tinggi, diperlukan penyesuaian perusahaan yang tak jarang berlangsung begitu cepat. Oleh karenanya, agar tidak tertinggal dengan kompetitor, perusahaan memerlukan karyawan yang bisa menyesuaikan diri dengan segera.

Pelatihan change movement adalah salah satu opsi yang begitu penting dilakukan. Dengan pelatihan ini, karyawan sebagai individu akan memiliki pemahaman yang lebih baik terkait perubahan yang terus-menerus terjadi pada perusahaan. Juga, mereka pun akan memiliki kesiapan yang lebih optimal untuk menghadapinya. 

Tentu saja, selain ketiga poin di atas, masih banyak contoh pelatihan pengembangan diri yang cocok bagi karyawan. Nah, sebagai HR consulting, Catalitics siap membantu Anda berdiskusi tentang program serta materi pelatihan pengembangan diri yang tepat.

Nantinya, dengan diskusi yang dijalankan, Anda sebagai HR pun tidak akan pusing menentukan jenis pelatihan dan target yang hendak dicapai. Bukan tidak mungkin, keinginan memiliki karyawan yang skillful di berbagai segi bisnis pun akan menjadi kenyataan!

Other Insight For You

Menyusun OKR, Sumber: clearpointstrategy.com

Cara Menyusun OKR untuk Perusahaan, Ini yang Perlu Dilakukan!

Selain KPI, OKR menjadi framework yang kerap digunakan perusahaan untuk membantu mereka menentukan tujuan dalam manajemen bisnis yang dilakukan. Meskipun lebih sederhana dalam hal realisasi dibandingkan metode lainnya, cara menyusun OKR perlu dipahami dengan baik agar metrik ini tidak dibuat secara serampangan.

⟶   Read More

Let’s chat!

Not sure where to start?

Want to find out how we can your organization? Fill in a few details and we’ll get in touch as soon as possible.

Ilvan Yahdi

Partner

Catalitics is committed to protecting and respecting your privacy, and we’ll only use your personal information to administer your account and to provide the products and services you requested from us.